Wisata ke Rumah Si Pitung Jakarta

Wisata ke Rumah Si Pitung Jakarta – Jakarta memang menawarkan banyak hal, mulai dari pusat pemerintahan, pusat ekonomi dan juga tidak ketinggalan pusat pariwisata. Khusus yang terakhir itu merupakan memang Jakarta mempunyai banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi, mulai dari objek wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya dan masih banyak objek wisata yang lainnya.

Salah satu tempat wisata yang juga banyak diminati oleh pengunjung baik dari dalam negeri maupun luar negeri ialah tempat wisata bersejarah. Ya, ada cukup banyak tempat wisata bersejarah yang bisa anda temukan di Jakarta dan salah satunya ialah Rumah Si Pitung. Tentu anda sudah tidak asing lagi bukan dengan jagoan betawi satu ini? ya, Pitung merupakan jagoan atau pahlawan para pribumi yang terkenal membela tanpa rasa takut warga pribumi ketika masa penjajahan Belanda.

Wisata Sejarah Ke Rumah Si Pitung

Hampir semua orang kenal sama si Pitung ini, beliau merupakan jawara Asli Betawi yang namanya sudah tersohor serta melegenda sejak zaman dulu hingga sekarang. Beliau terkenal sebagai pembela warga pribumi yang tertindas ketika penjajahan pemerintah Hindia Belanda.

Bagi anda yang ingin mengenal lebih dekat dengan sosok si Pitung, khususnya Rumahnya ini, maka anda bisa mengunjungi rumah Si Pitung ini yang lokasinya di sekitar Cilincing Jakarta Utara.

Berdasarkan kisah, rumah si Pitung yang berupa rumah panggung tersebut merupakan milik Sudagar Kaya H. Syarifuddi yang diambil oleh di Pitung dan teman-temannya untuk digunakan  membantu rakyat miskin. Rumah tersebut agar bisa terawat dengan baik, maka pemerintah kemudian menetapkan rumah tersebut sebagai benda cagar budaya yang dilindungi oleh Negara.

Di rumah di Pitung tersebut, anda bisa melihat banyak koleksi benda bersejarah seperti perabotan kuno yang digunaka oleh si Pitung pada zaman dulu. Tidak hanya itu saja, anda juga akan dilihatkan oleh meja, kursi, serta lampu kuno di rumah si pitung tersebut.

Ada juga tulisan yang ada di dalam ruangan yang mana di tulisan tersebut menceritakan bahwa sepak terjang di Pitung yang selalu lolos dari buruan penjajah Belanda. Termasuk aksi-aksinya yang mengambil barang milik saudagar kaya antek Belanda untuk membantu rakyat miskin yang menderita.

Bangunan rumah si Pitung sudah berumur cukup tua dan sudah mengalami banyak renovasi. Barang-barang yang dipajang tersebut merupakan replica saja. Namun semua ornament tersebut bisa membawa anda serasa berada di rumah si Pitung ketika zaman penjajahan sedang berlangsung.

Meskipun mengalami beberapa kali renovasi dan benda-benda yang dipajang merupakan replika.  Namun ornamen dinding dan lantai kayu bernuansa coklat, serta perlengkapan rumah yang terlihat kuno seolah membawa kamu untuk kembali pada masa-masa dahulu ketika Si Pitung masih ada dan melawan penjajahan.

Lokasi: Jl. Kampung Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.