Tips Sukses Memulai Usaha Jasa Sewa Mobil Jakarta Utara

Jakarta Utara termasuk daerah kawasan Ibukota yang sangat padat arus transportasinya. Maklum, kawasan seperti kebon bawang tanjung priok, sunter, dan lainnya merupakan kawasan industri dan pelabuhan. Jadi kebutuhan akan moda transportasi sangat tinggi. Peluang usaha pun semakin terbuka lebar setelah melihat kondisi tersebut. Buat anda yang kebetulan berdomisili di Jakarta Utara ada banyak peluang usaha yang bisa anda mulai. Salah satu usaha yang dinilai cukup banyak memberi keuntungan banyak yaitu usaha jasa sewa mobil Jakarta Utara.

Kebutuhan akan kendaraan mobil yang semakin meningkat dari waktu ke waktu menjadikan peluang usaha sewa mobil Jakarta Utara cukup menguntungkan. Banyak orang-orang yang mulai menggunakan mobil sebagai kendaraan pribadinya, Di samping lebih aman, nyaman dan bisa memuat banyak orang di dalamnya, mobil juga bisa digunakan untuk membawa barang dalam jumlah besar.

Tetapi tidak setiap orang mampu membeli mobil, karena harga mobil yang mahal serta biaya perawatannya yang tidak murah. Maka sebgaian dari mereka lebih memilih menyewa mobil di rental mobil. Karena menyewa mobil jauh lebih hemat dan banyak keuntungannya.

Kelebihan-kelebihan yang bisa didapatkan dari menyewa mobil yaitu:

  • Pertama, anda dapat menggunakana mobil sesuai dengan dana yang anda miliki. Anda menyewa mobil dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda misalnya, anda butuh mobil tersebut cuma sehari saja. Selanjutnya anda hanya akan membayar harga sewa mobil sehari itu saja. Menyewa mobil memang lebih murah dan menghemat uang kita.
  • Kedua, tidak ada biaya bulanan yang harus anda keluarkan. Konsekuensi anda memiliki mobil sendiri adalah anda harus selalu melakukan perawatan bulanan. Perawatan bulanan dilakukan agar mesin dan performa mobil tetap stabil sehingga siap serta aman digunakan kapanpun. Perlu anda ketahui, perawatan bulanan mobil membutuhkan biaya yang tidak murah. Jadi jika merasa terbebani dengan biaya perawatan mobil, sebaiknya sewa mobil Jakarta Utara saja.
  • Ketiga, terbebas dari biaya pajak dan ganti plat. Benar, anda akan terbebas dari yang namanya beban biaya pajak kendaraan bermotor ataupun biaya penggantian plat kendaraan. Tiap tahunnya para pemilik mobil diwajibkan untuk membayar pajak kendaraan mereka. Biaya pajak mobil tentunya lebih mahal dari biaya pajak sepeda motor. Biaya pajak mobil tahunan bermacam-macam dari 1 jutaan hingga puluhan juta, tergantung dari jenis dan merek mobil.
  • Keempat, mobil sewaan sudah dilindungi asuransi. Mobil yang akan anda sewa sudah ada asuransinya dari perusahaan jasa sewa mobil. Dengan demikian jika misalnya anda mengalami kecelakaan atau kerusakan normal pada mobil yang disewa, anda tidak akan diminta ganti rugi oleh perusahaan jasa sewa mobil.
  • Kelima, lebih fleksibel dalam hal waktu dan tenaga. Anda bisa mengatur waktu menyewa mobil kapanpun anda membutuhkan mobil. Perusahaan jasa sewa mobil akan selalu siap kapanpun anda butuh mobil. Saat anda sibuk dan tak punya waktu untuk mengambil mobil, pihak penyedia jasa siap mengantar sekaligus menjemput mobil. Dan, anda bisa menggunakan mobil dengan menggunakan sistem lepas kunci. Sistem lepas kunci harian memungkinkan anda untuk membawa mobil sendiri tanpa sopir yang biasa disediakan oleh peihak jasa sewa. Pun jika anda menginginkan tenaga sopir untuk menyupiri anda, anda bisa menggunakan sopir dari sana.

Dengan banyaknya kelebihan yang didapat dari menyewa mobil, sudah pasti semakin hari semakin banyak orang yang banyak menggunakan sewa mobil. Ini bisa memberi peluang bagus bagi anda yang ingin membuka jasa sewa mobil.

Perlu diperhatikan, sebelum benar-benar memulai usaha jasa sewa mobil, ada beberapa tips ampuh yang perlu anda perhatikan. Tips-tips tersebut harus anda perhatikan, pahami, lalu praktekkan supaya di kemudian hari usaha sewa mobil anda perlahan-lahan akan maju dan sukses. Berikut tips-tips sukses memulai jasa sewa mobil Jakarta Utara.

Tips-Tips Sukses Buka Usaha Jasa Sewa Mobil Jakarta Timur

  1. Pilih Jenis Mobil yang Diminati Pasar

Saat pertama akli membuka jasa usaha rental mobil jangan buru-buru untuk membeli mobil dalam jumlah banyak. Batasilah dengan membeli mobil dengan jenis dan merek yang umum digunakan di pasaran. Anda bisa membeli mobil tipe Avanza atau Xenia. Kedua tipel mobil ini merupakan tipe mobil yang paling sering digunakan di masyarakat. Karena selain irit bahan bakar minyak, mobil-mobil tersebut mempunyai daya tampung yang besar dan tingkat kenyamanan yang lumayan bagus. Harga sewa dua mobil tersebut juga tergolong murah

bagi masyarakat umum. Berkisar antara 300 hingga 400 ribuan per 24 jam. Selain memilih mobil tersebut, pilihan mobil lainnya yang bisa anda beli yaitu Grandmax, APV, elf, pick up, box atau Innova.

  1. Pakailah Mobil Baru Bukan Bekas

Terkadang untuk menghemat modal, orang-orang yang buka jasa sewa mobil membeli mobil bekas. Tapi itu bukan hal yang tepat, karena justru membeli mobil bekas justru akan membuat keuangan akan boros. Karena mobil bekas rentan terjadi kerusakan pada mesin. Tentunya anda akan mengeluarkan dana yang lebih besar untuk biaya perawatan. Lagi pula mobil baru akan lebih mudah mendapatkan asuransi daripada mobil bekas. Karena perusahaan asuransi lebih memperhatikan aset yang baru daripada aset yang bekas, dalam hal ini aset tersebut adalah mobil.

  1. Hindari Membeli Mobil Dengan Cash atau Secara Tunai

Jika anda tidak mempunyai modal besar saat mau memulai usaha rental mobil, sebaiknya jangan beli mobil secara tunai. Sebaiknya gunakan uang yang lainnya untuk keperluan lainnya, misalnya sewa tempat, atau untuk hal-hal pokok lainnya. Anda bisa menggunakan cara-cara pembelian mobil berikut ini:

  • Pembelian Secara Angsuran

Anda bisa menggunakan cara efektif untuk membveli mobil baru yaitu dengan mengangsur. Bisa diangsur melalui dealer atau lewat bank.

  • Pembelian Secara Leasing

Cara leasing yaitu anda menyewa mobil baru pada si pemilik. Kemudian, biasanya sistem leasing selama 3 tahun, dengan sewa per bulannya 3 juta rupiah. Dengan cara leasing anda dapat meningkatkan performa mobil anda melalui upgrade, karena anda masih sebagai penyewa buka pemilik mobil.

  1. Menggunakan Sistem Sewa Yang Tepat

Menyewakan kendaraan bukannya tanpa resiko, kadang resiko seperti penipuan sering dialami oleh penyedia jasa sewa mobil. Untuk mengantisipasi hal itu terjadi pada anda kelak, sebaiknya anda rancang sistem sewa yang baik. Bagaimana misalnya? Anda bisa menempatkan GPS atau pelacak pada mobil sewaan. Dengan GPS tersebut, pemilik mobil bisa melacak kemana saja mobil tersebut dibawa. Tak cukup hanya menyerahkan dokumen seperti KTP, SIM, dan surat-surat lainnya sebagai syarat. Dengan merencanakan sistem sewa yang baik anda bisa terhindar dari penipuan oleh konsumen yang bisa saja terjadi. Sistem penyewaan yang tepat seperti diatas bisa anda adopsi terutama ji8ka jasa usaha anda menawarkan layanan sewa mobil lepas kunci. Lepas kunci memungkinkan penyewa untuk mengendarai mobilnya sendiri tanpa didampingi sopir dari pihak penyedia rental.

  1. Gencarkan Promosi

Kesuksesan suatu brand atau perusahaan tidak terlepas dari yang namanya promosi. Promosi sebaiknya terus dilakukan oleh perusahaan tempat sewa mobil Jakarta Utara yang baru berdiri. Kegiatan promosi akan membantu perusahaan sewa mobil cepat dikenal oleh masyarakat luas. Ada banyak cara melakukan promosi seperti melalui surat kabar, pamflet, dan lain sebagainya. Untuk para pemula bisa promosi melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Google Plus, WhatApps atau website. Promosi lewat media sosial lebih murah dan efektif. Pemilik tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Dan juga sasarannya bisa luas, karena hampir semua orang menggunakan media sosial

  1. Pilih Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi juga perlu anda perhitungkan ketika akan membangun usaha sewa mobil. Tempat sewa mobil Jakarta Utara misalnya, haruslah mencari tempat yang strategis, mudah diakses, dekat dengan jalan besar. Banyak wilayah yang mempunyai tempat-tempat strategis, anda bisa mulai mencarinya di daerah kebon bawang, pluit, sunter dan sekitarnya. Mempunyai usaha sewa mobil yang bertempat di lokasi strategis akan sangat menguntungkan dan mendatangkan banyak calon pelanggan karena bisa disebabkan oleh mudahnya akses. Coba kalau lokasi tempat sewa jauh di pelosok dan jauh dari jalan raya siapa yang akan mampir dirental mobil anda? Maka jauh-jauh hari harus mencari tempat atau lokasi yang strategis.

  1. Perluas Jaringan dan Relasi

Saat anda memulai usaha rental mobil, buat dan perluas jaringan dan relasi. Sebab dengan membangun relasi dan memperluas jaringan maka usaha anda pun akan semakin mendapat kepercayaan dari khalayak luas. Anda pun akan lebih mudah bekerjasama dengan para investor dan mitra bisnis. Para investor dapat membantu anda untuk mengembangkan usaha sewa mobil milik anda. Mereka akan menanamkan modal atau saham di usaha anda dan ikut dalam pengembangan usaha sewa mobil. Ditambah anda juga perlu untuk gabung dengan komunitas sewa mobil Jakarta Utara. Karena dengan bergabung dengan komunitas tersebut, anda bisa bertukar ilmu dengan mereka yang sudah berpengalaman. Semakin anda bagus dalam membangun relasi dan memperluas jaringan, usaha jasa sewa mobil Jakarta Utara milik anda pun akan semakin menuju pintu kesuksesan.

  1. Menentukan Harga Sewa Sesuai dengan Harga Pasaran dan Memberika Tawaran Menarik

Penting bagi anda untuk bisa menentukan harga sewa. Jangan patok harga terlalu murah atau terlalu mahal. Sesuaikan harga sewa sesuai dengan harga pasaran. Sebaiknya sebelum menentukan harga sewa, terlebih dahulu melakukan survei dan penelitian tentang harga sewa mobil Jakarta Utara. Untuk menggaet konsumen lebih banyak, anda sesekali juga perlu memberikan penawaran yang menarik, misalnya diskon atau promo. Dengan memberikan penawaran yang menarik, konsumen akan lebih berminat untuk menyewa mobil di tempat anda. Anda bisa menambahkan penawaran yang menarik lainnya juga, karena disini kreativitas dari pemilik usaha merupakan kunci dari kesuksesan sebuah usaha. Dengan kreativitas anda bisa bersaing dengan tempat sewa mobil Jakarta Utara lainnya. Anda bisa coba menawarkan penawaran menarik lainnya seperti penggunaan kartu anggota. Kartu anggota tersebut diberikan pada konsumen yang telah menggunakan jasa rental lebih dari sekali. Jadi siapapun yang mempunyai kartu anggota, maka akan berhak mengikuti undian berhadiah, dapat potongan harga, sewa mobil murah, dan hal lain semacamnya.

  1. Tekun dan Terus Kerja Keras

Tips sukses dan yang paling menentukan kesusksesan usaha anda adalah ketekunan dan kerja keras anda. Dalam membangun sebuah usaha sewa mobil Jakarta Utara harus didasari dengan ketekunan dan kerja keras yang harus dimunculkan dari dalam diri anda. Ketekunan, kerja keras serta konsistensi selalu dibutuhkan dalam menjalankan bisnis rental mobil. Dengan konsistensi, ketekunan dan kerja keras bisa mengantarkan anda pada kesuksesan. Anda harus benar-benar totalitas dalam mengerjakan usaha anda, jangan setengah-setengah. Jika anda masih setengah-setengah dalam menjalankannya, usaha anda akan lambat kemajuannya. Seriuslah dalam menjalankan sebuah usaha.

  1. Tawarkan Jenis Layanan Sewa Mobil

Seperti tempat sewa mobil Jakarta Utara lainnya, ada beberapa layanan sewa mobil yang ditawarkan. Jenis layanan biasanya ada empat macam, yaitu sewa mobil harian, sewa mobil antar jemput, sewa mobil bulanan, dan sewa mobil jangka panjang. Berikut ini akan dijelaskan masing-masing dari jenis sewa mobil.

  • Sewa Mobil Harian

Jenis layanan sewa mobil harian yaitu sewa mobil yang jangka waktunya per hari. Umumnya, jangka waktu sewa mobil harian adalah minimal selama 6 jam. Lama waktu sewa harian tersebut memang berlaku di kota-kota besar Indonesia seperti Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta.

Dalam sewa mobil harian penyewa dapat meggunakan jasa sopir yang telah disediakan untuk menyupiri. Sedangkan jika menggunakan sewa mobil lepas kunci, penyewa akan menyupiri sendiri mobil yang sudah disewanya. Menggunakan jasa sopir, si penyewa tidak akan dikenai biaya tambahan jika ada kerusakan pada mobil. Tetapi kalau menggunakan layanan lepas kunci, kemungkinan besar penyewa akan dikenai biaya kalau misal mobil yang disewanya rusak saat dipakai. Kecuali kalau perusahaan sewa mobil memang sudah mengansuransikan mobil-mobilnya. Penyewa dalam halk i9ni tidak akan dikenai biaya kerusakan.

  • Sewa Mobil Antar Jemput

Layanan sewa mobil antar jemput sebaiknya juga dimasukkan dalam usaha persewaan milik anda. Karena banyak konsumen yang sering menggunakan layanan antar jemput. Misalnya, mobil digunakan untuk antar jemput karyawan dari dan menuju tempat kerja, tamu perusahaan ke bandara, dan lainnya. Pastikan kalau mau membuka jasa sewa mobil ada layanan sewa mobil antar-jemput. Karena akan banyak orang atau perusahaan yang akan membutuhkan mobil untuk keperluan antar jemput. Mobil yang cocok untuk melayani antar jemput yaitu jenis mobil yang berukuran sedang hingga besar. Anda dapat membeli mobil seperti avanza, Innova, Isuzu Efl, Elf, Xenia, atau mini bus.

  • Sewa Mobil Bulanan

Sewa mobil bulanan adalah jenis layanan sewa mobil dengan jangka waktu sedikitnya selama satu bulan. Sama dengan sewa mobil harian, rental mobil bulanan juga ada yang dengan menggunakan sopir atau lepas kunci / tanpa sopir. Biasanya penyewa mobil bulanan adalah perusahaan dan juga ada yang pribadi. Untuk perawatan mobil seperti penggantian oli, pengecekan mesin, penggantian onderdil rusak, akan dilakukan oleh pihak rental.

  • Sewa Mobil Jangka Panjang

Lama waktu untuk jenis layanan ini adalah enam bulan sampai tiga tahun. Jenis layanan sewa mobil jangka panjang biasanya digunakan oleh perusahaan yang memang menyewa mobil untuk kendaraan operasional dalam jangka waktu yang lama. Menyewa mobil dalam jangka waktu lama bisa menggunakan sopir atau bisa tanpa sopir (lepas kunci). Perusahaan sewa mobil akan melakukan perawatan kendaraan sewa secara rutin.

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh anda yang ingin memulai usaha jasa sewa mobil Jakarta Utara dan sekitarnya. Usaha sewa mobil memang memiliki tingkat kesuksesan dan keuntungan yang tinggi. Meskipun begitu, anda harus tetap memperhatikan cara-cara di atas. Yang paling penting adalah terus tekun serta kerja keras supaya usaha persewaan mobil anda makin jaya dan sukses.